Selasa, 09 Juni 2009

WEBSITE TANPA LOADING ?


JUDUL :

Tingkatkan Kecepatan Website dengan Memilih Server yang Tepat

PENULIS : RISMAKA
SUMBER : http://rismaka.net/2009/06/tingkatkan-kecepatan-website-dengan-server-yang-tepat.html
Banyak faktor yang dapat kita optimalkan untuk mempercepat loading suatu website. Salah satunya adalah penggunaan server hosting yang handal. Pengguna blog wordpress.com mungkin tidak akan terlalu dipusingkan dengan masalah server, karena mereka tinggal terima jadi, dan juga karena wordpress.com memfasilitasi penggunanya dengan server hosting yang tangguh dibanding layanan hosting berbayar lainnya.

Masalahnya adalah ketika kita beralih dari wordpress.com ke wordpress yang dihosting sendiri. Banyak di luar sana orang-orang mengeluhkan tentang jeleknya layanan hosting yang mereka pakai, server sering down, waktu loading yang lama, dan sering time out (not responding). Permasalahan itu sebenarnya dapat diatasi dengan pemilihan server hosting yang tepat. Tips berikut ini mungkin dapat membantu kita memilih layanan hosting yang “tanpa masalah”.

1. Pilihlah yang berbayar

Pilihlah layanan hosting yang berbayar, lupakanlah yang gratis semacam 000webhost.com atau byethost.com, karena penyedia layanan hosting tersebut tidak dapat diandalkan.

2. Pilihlah yang mahal

Ada prinsip “Harga sebanding dengan kualitas“. Prinsip tersebut adalah benar adanya. Pernyataan “Tidak semua yang murah itu murahan“, itupun juga benar. Tapi di sini saya lebih memilih prinsip yang pertama. Logikanya, server yang handal, baik itu menyangkut spesifikasinya, pemeliharaannya, serta ketahanannya, sangat tergantung pada harga. Semakin handal suatu server, semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. Oleh karena itu pilihlah yang mahal jika kita ingin kualitas yang bagus.

Mungkin ada beberapa perusahaan hosting yang mematok harga yang murah dengan mengklaim mempunyai server yang handal. Pernyataan ini benar adanya. Namun yang perlu diperhatikan adalah harga yang murah akan banyak menarik minat pelanggan, sehingga yang terjadi adalah rebutan penggunaan CPU / memory. Hal ini akan berakibat yang kuat akan memakan yang lemah. Bagi pemilik blog yang bertrafik tinggi, hal tersebut tidak masalah, namun tidak bagi pemilik blog yang bertrafik rendah, karena hal tersebut dapat menurunkan performanya.

3. Pilihlah lokasi server yang tepat

Perusahaan penyedia layanan hosting biasanya menawarkan dua paket server, yaitu server IIX (Indonesia) dan server USA (Amerika). Perbedaan kedua server ini adalah geografisnya, dan juga harganya. Server IIX biasanya relatif lebih mahal daripada server USA. Namun kelebihan server IIX adalah waktu akses yang lebih singkat jika diakses dari Indonesia.

Jika target yang kita bidik hanyalah orang-orang Indonesia yang mengakses internet di kantoran, atau rumah saja, maka pilihlah server IIX. Namun jika target yang kita bidik adalah keseluruhan pengguna internet, maka gunakanlah server USA. Perlu diketahui bahwa Indonesia menempati urutan ke-2 terbesar di dunia sebagai pengguna operamini. Berdasarkan pengalaman, ketika saya mengakses web yang dihosting di server IIX melalui operamini, sering terjadi time out (not responding). Hal tersebut disebabkan karena jarak yang jauh antara server operamini (di USA atau Norewegia) dengan server IIX di Indonesia.

—o0o—

Memang, pemilihan server yang mahal adalah kurang bijak jika ditilik dari sisi ekonomis. Semua itu kembali kepada pilihan masing-masing. Toh ini hanyalah salah satu faktor saja yang mempengaruhi performa suatu web. Ok, sekian dulu tentang optimasi dari faktor server yang digunakan. Bagi yang ingin menambahkan seperti pembahasan mengenai macam-macam server yang mendukung kompresi, ataupun tentang perbedaan server linux dan windows, silahkan ungkapkan di kolom komentar, karena saya belum paham tentang hal itu.

Related posts:

  1. Tips Memilih Layanan Hosting
  2. Pentingnya Performa atau Kecepatan Website Bagi Pembaca

anda suka ambil saja gratis free all
Share/Save/Bookmark
PAKET POS (Promosi Online Semesta) Sanggup merotasikan iklan anda hingga 10.800.000 kali setiap bulannya, menyebarkan iklan anda ke 250 negara, 2500 kota atau sebanyak dan seluas anda suka. Andapun bisa...!!! http://paketpos.blogspot.com atau hubungi Badrudin Muhsin 085227044550 / 021-91913103 email: paketpos@gmail.com YM / FB/ Yuwie : binmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingalkan pesan anda

Klik...!!! Gratis tips rahasia blogging duit melimpah

Daftar Blog Saya

bisnis syariah

Translate

Cari Blog Ini

ARTIKEL TERBARU

LOWONGAN KERJA DAN PELUANG USAHA

FeedBurner FeedCount

Subscribe Now: poweredby

Powered by FeedBurner

My Headlines