Rabu, 13 Mei 2009

SEO Dasar untuk Blog yang Wajib Anda Tahu



Melanjutkan posting sebelumnya, kali ini akan kita bahas tips-tips SEO dasar lainnya. Sebelumnya saya jelaskan kalau penempatan kata kunci (keyword) dalam posting sangat penting untuk menunjang posisi blog anda di search engine. Di luar itu, masih banyak tips-tips SEO dasar lain yang berguna menunjang posisi blog anda.

Silakan langsung disimak saja…

Yang pertama adalah pentingnya pembuatan kategori dalam blog. Adanya kategori memudahkan pengunjung dan robot search engine untuk mengetahui struktur isi blog anda. Karena itu, memiliki kategori di blog sangat penting. Pemilihan nama kategori pun tak boleh sembarangan. Selain dikaitkan dengan konsep content blog anda, nama kategori yang dipilih sebaiknya memang merupakan keyword sehingga ikut mendukung aktivitas SEO anda.

Bagi anda yang baru mulai membuat blog, sebaiknya pula jangan terlalu bernafsu untuk memilih keyword yang tingkat persaingannya sangat tinggi. Pilih saja keyword yang persaingannya sedang-sedang saja dan jadikan sebagai nama kategori. Namun perlu diingat tetap harus berkaitan dengan konsep content blog anda.

Selain itu, tips SEO lainnya adalah hubungkan setiap postingan anda dengan posting-posting sebelumnya. Link-link tersebut juga ikut diperiksa spider search engine. Intinya, jangan pernah biarkan setiap posting anda sendirian alias tak memiliki tautan ke postingan anda sebelumnya.

Di blog berplatform Wordpress seperti yang saya rekomendasikan di Rahasia Blogging, bisa juga dengan menggunakan plugin related post. Plugin tersebut anda akan membantu memunculkan posting yang berhubungan di akhir postingan. Contohnya, seperti di akhir posting ini, anda akan temukan posting lain yang berhubungan dengan posting ini.

Penamaan judul halaman blog (bukan judul posting) juga sangat penting dalam SEO. Biasanya, judul halaman blog berisi keyword-keyword utama yang anda bidik dan sering menjelaskan gambaran umum keseluruhan isi blog anda. Untuk mengubah judul halaman, di Wordpress ada banyak plugin yang bisa membantu. Salah satu yang paling populer adalah SEO Title Tag.

Oh ya, anda juga bisa manfaatkan program analisa web. Gunanya supaya anda tahu siapa saja yang melakukan link ke blog anda, posting apa yang mereka link-kan, dan keyword apa yang mereka pakai sampai bisa datang ke blog anda.

Di Wordpress, sebetulnya lebih mudah karena langsung bisa dilihat di statistik. Namun bagi anda yang menggunakan blogger tak perlu khawatir, anda bisa gunakan Google Analytics. Cuma kekurangannya kadang membuat waktu akses membuka blog anda menjadi agak lambat. Panduan memakai Google Analytics, bisa dibaca di Blog Bisnis Online Zam-Sy.

Tips SEO dasar lainnya? Coba simak juga kata jutawancerdas.

Namun, sekali lagi, yang penting fokuslah pada pengunjung blog anda terlebih dulu. Karena sekali mereka terpikat dengan isi blog anda, seterusnya mereka akan langsung datang tanpa perlu lewat perantara search engine.

Bagaimana komentar anda? Silakan tuangkan di sini dan mari kita berdiskusi…

Salam ACTION!


anda suka ambil saja gratis free all
Share/Save/Bookmark
PAKET POS (Promosi Online Semesta) Sanggup merotasikan iklan anda hingga 10.800.000 kali setiap bulannya, menyebarkan iklan anda ke 250 negara, 2500 kota atau sebanyak dan seluas anda suka. Andapun bisa...!!! http://paketpos.blogspot.com atau hubungi Badrudin Muhsin 085227044550 / 021-91913103 email: paketpos@gmail.com YM / FB/ Yuwie : binmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingalkan pesan anda

Klik...!!! Gratis tips rahasia blogging duit melimpah

Daftar Blog Saya

bisnis syariah

Translate

Cari Blog Ini

ARTIKEL TERBARU

LOWONGAN KERJA DAN PELUANG USAHA

FeedBurner FeedCount

Subscribe Now: poweredby

Powered by FeedBurner

My Headlines