Rabu, 20 Mei 2009

Merencanakan Layout Situs Web

ARTIKEL INI DITULIS OLEH JOKO SUSILO PEMILIK SITUS BERIKUT:

Preparations makes perfect. Persiapan yang matang akan menghasilkan hasil sempurna.

Anda percaya?

Ok. Kita lanjutkan bahasan kita tentang tahapan lanjutan merencanakan situs web affiliate.

Untuk membangun situs web affiliate, anda juga perlu persiapan agar situs web anda siap tampil. Tak bisa anda hindari, membuat situs web perlu persiapan matang dan perencanaan bagus agar dapat memberi hasil maksimal.

Kemarin kita belajar bagaimana perencanaan membuat situs. Mulai dari memiliki ide untuk tema situs, sampai merencanakan bagian-bagian situs dan halaman web. Setelah itu semua, lalu apa yang harus anda lakukan?

Selanjutnya, anda pikirkan tentang layout dan template untuk situs web anda. Setelah semua rencana di atas anda persiapkan, segera bergerak, take action!!! So, situs anda siap launching.

Baiklah… kita omongkan satu persatu. Kita mulai dari layout (tata letak) situs web. Perlu anda ketahui, pada umumnya setiap situs web memiliki empat elemen layout.

1. website header
Website header, seperti namanya ia berada di bagian atas (head=kepala). Bagian ini menentukan pola situs web anda. Anda bisa menaruh nama situs web, logo, dan gambar-gambar yang berkaitan dengan tema situs anda di bagian ini.

Lalu, bagaimana membuat website header yang menarik?

  • Buat header proporsional. Tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Header yang terlalu besar selain tidak serasi, juga akan menghabiskan ruangan untuk content situs web. (Sebagai perbandingan, coba bayangkan kalau orang berkepala sangat besar dengan tubuh yang sangat kecil.)
  • Sebaiknya, jangan memuat gambar-gambar yang dapat memberatkan file anda. Agar, pengunjung mudah mengakses situs web anda.

2. skema navigasi
Sebuah desain situs web yang bagus akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Oleh karena itu, jangan membuat menu navigasi yang membingungkan. Adanya flash atau animasi mungkin menarik, tapi bisa jadi akan membingungkan pengunjung.

Anda bisa menata letak navigasi anda pada :

  • Bagian Atas (Top Navigation). Ini biasa digunakan untuk menghubungkan halaman-halaman utama situs web. Tapi, jangan menggunakan terlalu banyak link di bagian ini. Agar pengunjung tidak hanya melihat ke atas dan bawah saja, tapi juga samping kanan dan kiri.
  • Bagian kanan/kiri (left/right navigation). Gunakan bagian ini untuk menghubungkan halaman yang memuat keterangan rinci atau detil dalam situs web anda.

3. bagian isi situs (main body)
Pada bagian ini anda bisa masukkan isi situs web anda. Usahakan layout di bagian ini mudah dan nyaman untuk dibaca.

  • Letakkan isi terpenting dari situs web anda serupa headline dalam surat kabar. Jadi, pengunjung langsung mengetahui bagian inti dari isi tulisan anda.
  • Beri ruang yang pas untuk bagian isi. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung membaca halaman situs web.

4. website footer
Bagian footer berarti bagian kaki atau bawah. Anda bisa menaruh link-link dan informasi tentang situs web anda di bagian ini. Biasanya berisi seperti ini;

  • Contact Us. Ini bisa membuat pengunjung percaya pada situs web karena mereka bisa menghubungi anda.
  • Privacy Policy. Ini bisa meningkatkan kredibilitas anda.
  • About Us. Ini bersifat pilihan. Bisa anda cantumkan bisa tidak.
  • Sitemap. Bagian ini penting jika situs web anda berhalaman banyak

Seperti itulah bagian-bagian situs web. Dan supaya lebih mudah, anda bisa pakai template. Ini akan banyak menghemat waktu anda. Serta membuat bagian-bagian situs web anda tetap konsisten dari satu halaman ke halaman lain.

Namun, apapun yang anda pilih, anda harus tetap melakukan perencanaan. Ini penting untuk memetakan persoalan atau tantangan yang mungkin dihadapi. Sehingga dengan begitu, setelah launching, situs web anda bisa berkembang dengan cepat tanpa kendala berarti.

Anda setuju? atau anda punya cara lain?


anda suka ambil saja gratis free all
Share/Save/Bookmark
PAKET POS (Promosi Online Semesta) Sanggup merotasikan iklan anda hingga 10.800.000 kali setiap bulannya, menyebarkan iklan anda ke 250 negara, 2500 kota atau sebanyak dan seluas anda suka. Andapun bisa...!!! http://paketpos.blogspot.com atau hubungi Badrudin Muhsin 085227044550 / 021-91913103 email: paketpos@gmail.com YM / FB/ Yuwie : binmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingalkan pesan anda

Klik...!!! Gratis tips rahasia blogging duit melimpah

Daftar Blog Saya

bisnis syariah

Translate

Cari Blog Ini

ARTIKEL TERBARU

LOWONGAN KERJA DAN PELUANG USAHA

FeedBurner FeedCount

Subscribe Now: poweredby

Powered by FeedBurner

My Headlines